Friday, March 16, 2007

Ekonomi Riil Yang Riil

Triple track, itulah katanya yang menjadi strategi tim ekonomi Boss SBY-JK. Triple yaitu pro job, pro employeee dan pro poor. Mestinya dengan tiga fokus ini, maka kesempatan kerja terbuka, investasi ngalir dan orang miskin berkurang. Inilah mungkin yang menyebabkan juragan Yusuf Kalla berani bilang kalau saat ini sektor riil sudah bergerak (detikfinance.com,15/03/2007)


Sektor riil adalah sektor ekonomi yang melakukan kegiatan ekonomi yang riil, disana terjadi produksi barang beneran atau penawaran jasa, kemudian pasarnya pun jelas, ada pembeli dan penjual yang ber-akad. Kebalikan dengan pasar saham, pasar modal, bursa komoditas dan jenis-jenis pasar siluman lainnya, yang barang jualannya kaga jelas rupanya, pembelinya juga kaga ketauan turunan orang apa turunan jin,traksaksinya pun kaga jelas akadnya.

Maka harapan untuk terjadinya triple track tadi memang ada di sektor riil, karena sektor riil jelas-jelas menuntut adanya kegiatan produksi dan penawaran barang serta jasa yang riil yang membutuhkan tenaga kerja. Agar penyerapan tenaga kerja bisa tingga maka dibutuhkan banyak perusahaan yang menghasilkan barang dan jasa, yang berarti dibutuhkan banyak investasi. Nah, kalau semua berjalan normal, perusahaan riil banyak, tenaga kerja terserap, angka kemiskinanpun bisa dikurangi. So, mestinya inilah yang menjadi tanda apakah sektor riil sudah bergerak, yaitu :
a. Banyak investasi masuk
b. Pengangguran makin dikit
c. Yang blangsa dan hidupnya susah makin berkurang

Maka kemudian bisa dipertanyakan, kok bisa-bisanya juragan JK ngomong sektor riil sudah bergerak, padahal:
a. Investor ogah-ogahan nanam modal
b. Pengangguran malih makin meningkat, tahun 2006 aja ada 10,9 juta, dan tahun ini
diperkiran nambah lagi jadi 2,5 juta orang.(Republika, 16/3/2007)
c. Angka kemiskinan, siapa yang bilang turun? kecuali kalau pemerintah sekarang masih
seneng pake data yang sudah basi





1 comment:

Anonymous said...

Suka bahasa na deh...
Gaol getohhh...ehehe..
^^v thankz info na...coz bneran dech..dr kmaren tanya2 tnt kegiatan ekonomi sektor riill ntu jawab na pada mbeleber kmn2..padahalan jawaban na bisa simpel..spt yg U tulis...